Berkenalan dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Semarang, Balmon SFR Kelas I Semarang – Penerapan ISO 9001:2015 standar manajemen mutu pada sebuah organisasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja. Standar tersebut membantu organisasi memastikan stakeholder mereka secara konsisten menerima produk dan layanan yang berkualitas, sehingga dapat membawa manfaat termasuk diantaranya kepuasan stakeholder eksternal (pelanggan) maupun internal (manajemen dan karyawan).

ISO 9001:2015 merupakan salah satu kerangka kerja standar yang diakui secara global untuk manajemen mutu. ISO 9001 telah mengalami perkembangan dan perubahan sesuai dengan tuntutan manajemen kualitas dari waktu ke waktu. Pada tahun 2015, ISO 9001 menghadirkan inovasi terbaru yang masih berlaku hingga saat ini.

ISO 9001:2015 dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO), yang berisi persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan atau organisasi untuk membangun sistem manajemen mutu. Standar ISO 9001 mengadopsi pendekatan manajemen mutu yang berfokus pada proses. Dalam penerapannya, ISO 9001:2015 menggunakan skema PDCA (Plan-Do-Check-Act) yang dikembangkan oleh William Edward Deming.

Pelaksanaan ISO 9001:2015 dilandaskan pada 7 prinsip, diantaranya Customer Focus (Fokus pada pelanggan), Leadership (Kepemimpinan), Engagement of People (Keterlibatan sumber daya manusia), Process Approach (Pendekatan proses), Improvement (Peningkatan secara terus menerus), Evidence-Based Decision Making (Pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta), dan
Relationship Management (
Manajemen hubungan dengan stakeholder).

Secara spesifik, pengaplikasian ISO 9001:2015 pada organisasi pemerintah dapat membawa manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. ISO 9001:2015, sebagai standar manajemen mutu internasional, memberikan kerangka kerja yang jelas dan terstruktur untuk mengembangkan sistem manajemen mutu yang efektif di dalam lingkungan pemerintahan.

Bersinggungan erat dengan pelayanan publik, Balmon SFR Kelas I Semarang berkomitmen serius meningkatkan kepuasan masyarakat selaku stakeholder organisasi. Sejak tahun 2012, Balmon SFR Kelas I Semarang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008. Tidak berhenti di situ, Balmon Semarang terus meningkatkan kualitas pelayanan publik hingga berhasil mendapat ISO 9001:2015. Dengan sertifikasi ini, Balmon Semarang berupaya mendapatkan keberhasilan dalam merencanakan dan menerapkan tindakan untuk mengatasi risiko dan peluang, dengan menetapkan dasar untuk meningkatkan keefektifan sistem manajemen mutu. Selain itu, ini merupakan bukti kerja keras organisasi dalam menciptakan sistem pelayanan publik yang lebih andal, responsif, dan efisien, yang pada gilirannya akan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan meningkatkan efektivitas penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah.

Implementasi ISO 9001:2015 pada organisasi pemerintah merupakan langkah penting dalam memperbaiki kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kinerja lembaga pemerintah secara keseluruhan. Penerapan standar ini, dapat mendorong organisasi pemerintah dapat mencapai efisiensi operasional yang lebih baik, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Implementasi ISO 9001:2015 diharapkan membawa manfaat nyata bagi organisasi pemerintah dalam membangun sistem pelayanan publik yang unggul, efisien, dan berorientasi pada kebutuhan dan harapan masyarakat.

Dapatkan informasi terbaru dari Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Semarang melalui balmonsemarang.postel.go.id, Instagram @balmonsemarang, Facebook BalmonSemarang. Selalu terhubung dengan kami di layanan helpdesk via Whatsapp +628777000157 dan +628993335757.

 

 

Sumber

 

http://umm.tp.ugm.ac.id/berita-133-7-prinsip-sistem-manajemen-mutu-iso-90012015.html

Effendi, A. L., & Rahardjo, J. (2023, Januari). Perancangan dan Implementasi Sistem

Manajemen Mutu ISO 9001:2015 PADA PT. X. Jurnal Titra, Vol. 11(No. 1).

https://www.researchgate.net/publication/353751802_PENERAPAN_STANDAR_ISO_90012015_SISTEM_MANAJEMEN_MUTU_PADA_PT_PLN_PERSERO_UPDK_MAHAKAM_UL_PLTGU_TANJUNG_BATU

Redi, A. A. N. P., & Putra, I. N. M. (2021, April). ISO 9001:2015 Pengantar Standar Manajemen

Mutu. https://mie.binus.ac.id/2021/04/07/iso-90012015-pengantar-standar-manajemen-mutu/

Sebarkan Info

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Skip to content