Permudah Layanan Perizinan Frekuensi, SDPPI Perkenalkan Aplikasi Adeya

Sumber Foto: Akun YouTube Pelayanan Frekuensi

 

Semarang, Balmon SFR Kelas I Semarang – Kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus ditingkatkan. Direktorat Operasi Sumber Daya, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) saat ini telah mengembangkan Aplikasi Data Pelayanan Spektrum Frekuensi Radio dan Sertifikasi Operator Radio (Adeya SFR SOR). Aplikasi mobile ini diluncurkan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh berbagai informasi terkait mengenai penggunaan Spektrum Frekuensi Radio melalui gawai yang dimiliki.

 

Ditjen SDPPI berkomitmen serius untuk mendekatkan diri dengan pengguna layanan dan masyarakat secara keseluruhan. Berbagai strategi telah diterapkan, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan pelayanan publik yang mudah dan menyediakan media informasi yang dapat diakses secara cepat serta menjadi platform media alternatif bagi layanan tersebut.

 

Nama Adeya merupakan diksi yang diambil dari bahasa Yunani dan memiliki arti “perizinan”. Adeya merupakan sebuah inovasi berkelanjutan di bidang pelayanan publik yang akan terus dikembangan, baik dari segi peningkatan fitur maupun fungsinya.

 

Aplikasi Adeya menyediakan berbagai fitur dan fungsi, antara lain fitur dashboard dan pemetaan yang menyediakan akses bagi pengguna untuk dapat melihat status aktif dari Izin Spektrum Radio (ISR) yang dimiliki. Selain itu, aplikasi Adeya juga memiliki fitur notifikasi masa laku ISR, yang dapat digunakan sebagai fitur pengingat bagi pengguna -dengan pop-up notification yang muncul secara periodik terkait masa laku ISR yang akan segera berakhir.

 

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah fitur Simulasi BHP ISR, dimana pengguna akan diberikan simulasi untuk melihat daftar status invoice yang belum terbayar dan yang telah terbayar. Pengguna juga akan mendapatkan notifikasi secara berkala terkait invoice yang belum terbayar. Fitur selanjutnya adalah fitur Data Penggunaan Frekuensi TV/Radio, yang akan menampilkan informasi mengenai penggunaan frekuensi TV/radio di setiap wilayah layanan yang dipilih berdasarkan lokasi seperti LPK, FM LPS, Mux.

 

Fitur Layanan Sertifikasi Operator, yang menyediakan layanan pengajuan perpanjangan dan penggantian Sertifikat REOR (Radio Operator). Selain itu, pengguna dapat memperoleh informasi terkait Jadwal Ujian Negara dan Hasil Nilai Ujian Negara REOR.

 

Komitmen untuk menciptakan pelayanan publik yang responsif terus digelorakan oleh Ditjen SDPPI, untuk itu aplikasi Adeya ini juga dilengkapi dengan fitur Konsultasi dan Pengaduan. Fitur ini merupakan salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan pengaduan melalui form yang telah disediakan disediakan. Tak lupa, pengguna juga dapat melakukan konsultasi melalui chatbot serta mengisi survei kepuasan pelanggan yang dapat digunakan sebagai input oleh Ditjen SDPPI selaku penyelenggara layanan.

 

Aplikasi Adeya hadir untuk memberikan kemudahan akses informasi dan memberikan platform yang lebih dekat dengan pengguna layanan dan masyarakat. Pengembangan ini tidak hanya akan membantu kinerja Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo, tapi juga Balmon SFR Kelas I Semarang sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan tugas dan fungsi pengawasan dan pengendalian spektrum frekuensi radio.

 

Dapatkan informasi terbaru dari Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Semarang melalui balmonsemarang.postel.go.id, Instagram @balmonsemarang, Facebook BalmonSemarang. Selalu terhubung dengan kami di layanan helpdesk via Whatsapp +628777000157 dan +628993335757.

 

 

Sebarkan Info

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Skip to content