Pertahankan Sertifikasi, Balmon Semarang Jalani Audit Eksternal Surveillance ISO 9001:2015

Semarang, Balmon SFR Kelas I Semarang – Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Semarang menggandeng lembaga jasa sertifikasi sistem manajemen PT Global Certification Indonesia yang juga terafiliasi dengan GCL International Ltd Britania Raya dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk melaksanakan audit eksternal surveillance tahap pertama.

Audit eksternal ini diselenggarakan untuk memastikan bahwa pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Balmon Semarang telah memenuhi kriteria dan baku mutu sesuai dengan standar ISO 9001:2015.

Berlangsung di ruang rapat kantor Balmon SFR Kelas I Semarang (5/10 – 6/10), rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan acara secara resmi oleh Kepala Balmon SFR Kelas I Semarang, Ir. KGS A Sazili, MM, sekaligus menerima kunjungan auditor sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dari PT Global Certification Indonesia.

Sebelum dilakukan proses audit, seluruh pegawai Balmon Semarang terlebih dahulu mendapatkan pembekalan terkait pelayanan prima.

“Pelatihan pelayanan prima ini merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kompetensi aparatur dalam pelayanan terhadap masyarakat,” ungkap auditor Global Group, Flora Dewi.

Pelatihan pelayanan prima juga merupakan tindak lanjut dari audit internal terkait temuan masih kurangnya pemahaman pegawai terhadap konsep dan implementasi pelayanan prima. Sehingga perlu diadakan pembekalan sebelum pelaksanaan audit eksternal surveillance.

Pelaksanaan audit eksternal dilakukan dengan pengecekan terhadap kinerja tim kerja dan subbagian di lingkungan Balmon Semarang. Audit dilakukan dengan metode wawancara dan observasi langsung di lapangan untuk mendapatkan hasil yang detail. Auditor juga memvalidasi data untuk memastikan kesesuaian antara rencana kerja yang sudah disusun dengan realisasi capaian kinerja.

Pengambilan sample data dilakukan terhadap beberapa dokumen pelaksanaan kerja seperti pemeliharaan perangkat, penanganan gangguan, survey kepuasan pelanggan, dan sosialisasi. Selain itu, auditor juga melakukan pengecekan terhadap sistem manajemen risiko yang telah diimplementasikan oleh Balmon Semarang.

Audit yang dilaksanakan selama satu hari ini tidak menemukan temuan major maupun minor. Sehingga, hasil audit tersebut merekomendasikan bahwa Balmon Semarang tetap layak memegang sertifikat ISO 9001:2015. Namun, terdapat dua observasi yang menjadi perhatian auditor.

“Sebaiknya ditentukan sistem penyimpanan untuk hasil kalibrasi dari kegiatan pemeliharaan perangkat apakah dalam bentuk soft copy atau hard copy. Lalu perlu juga dilakukan evaluasi terstruktur untuk rekanan ataupun vendor guna memastikan kinerja rekanan tersebut tetap terjaga,” jelas Flora.

Balmon SFR Kelas I Semarang telah mendapatkan sertifikat Sistem Manajamen Mutu ISO 9001:2008 sejak tahun 2012. Sertifikat ini juga telah diperbaharui dengan Sistem Manajamen Mutu ISO 9001:2015 pada tahun 2018. Perwujudan pelayanan publik yang berkualitas selalu menjadi prioritas utama bagi Balmon Semarang.

Dapatkan informasi terbaru dari Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Semarang melalui balmonsemarang.postel.go.id, Instagram @balmonsemarang, Facebook BalmonSemarang. Selalu terhubung dengan kami di layanan helpdesk via Whatsapp +628777000157 dan +628993335757.

 

Sebarkan Info

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Skip to content